Renungan Suci

Pada hari Rabu 17 Agustus 2022 tepat pukul 00.00 WIB, dilaksanakan Upacara Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa. Agenda tahunan ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dinas Sosial terlibat dalam mempersiapkan lokasi upacara Renungan Suci.


Dalam kesempatan tersebut, tampak Dandim 0729/Bantul Letkol. Inf. Arif Hermat, S.IP. bertindak sebagai inspektur upacara. Peserta upacara terdiri dari jajaran Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Forkopimda Bantul.

Suasana khidmat terasa dalam prosesi tersebut. Inspektur upacara membacakan kata-kata penghormatan kepada pahlawan dan teladan negara yang bersemayam di TMP Kusuma Bangsa. Sementara, lampu dimatikan dan hanya mengandalkan cahaya obor serta diterangi purnama, pada pukul 00.00 WIB.

“Menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesetiaan, pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan, dalam pengabdian terhadap perjuangan, demi kebahagiaan negara dan bangsa.

Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami. Dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami.

Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat sewajarnya,” ucap Irup.