Pemilu TAGANA Kabupaten Bantul 2024 – 2027

Bertempat obyek wisata Puncak Becici Muntuk Dlingo Bantul pada hari Minggu tanggal 21 April 2024 jam 09.30 – 12.00 WIB. Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) Kabupaten Bantul melaksanakan Pemilu Tagana guna memilih Ketua Forum Koordinasi ( FK ) Tagana Kabupaten Bantul masa bakti 2024 – 2027. 

Acara tersebut dihadiri seluruh Anggota Tagana Kabupaten Bantul. Acara dipimpin oleh Kepala Seksi Pengelolaan Bantuan Sosial dan Penanganan Korban Bencana Jazim Ahmadi, S.Sos., MH.

Acara diawali dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban kepengurusan FK Tagana Bantul masa bakti 2021 – 2024 yang disampaikan oleh Roh Pitutur Ketua FK Tagana Bantul. Selanjutnya masing – masing Kapanewon yang diwakili oleh Koordinator Kapanewon menyampaikan 2 (dua) nama yang telah disepakati oleh seluruh anggota masing – masing Kapanewon.

Berdasar musyawarah mufakat, dari usulan 17 Kapanewon suara terbanyak akhirnya dinyatakan sebagai Ketua Tagana Terpilih masa bakti 2024 – 2027 yakni saudara ASNGARY. Selanjutnya dibentuk kepengurusan FK Tagana 2024 – 2027 dengan susunan sebagai berikut :

Ketua                           : Asngary                                 ( Pleret )

Wakil Ketua                 : Joko Purnomo                       ( Srandakan )

Sekretaris                    : Adi Sulistyo                            ( Kretek )

Bendahara                   : Niken Dewi Listyorini            ( Dlingo )

Kepala Markas            : Haryanto                               ( Sewon )

Sekretaris Markas       : Ria Deni Triyanto                  ( Pandak )

Koordinator Pengerahan / Operasional         : Faturahman  ( Imogiri )

Pengelola Data            : Wahyudi                                ( Piyungan )

Koordinator Divisi Logistik                  : Suharyanto    ( Imogiri )

Koordinator Divisi Psikososial             : Apriyatun      ( Sanden )

Koordinator Divisi Dapur Umum        : Suwarniati     ( Srandakan )

Koordinator Divisi Shelter                   : Miran            ( Pajangan )

Dilengkapi dengan 5 orang Petugas Logistik / Petugas Gudang dan 17 Koordinator Kapanewon.

 

Di hari yang sama dilaksanakan pula Syawalan dan Peringatan Hari Ulang Tahun ke 20 Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) Kabupaten Bantul. Pada acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo, Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul Gunawan Budi Santoso dan Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul Jati Bayu Broto. Hadir pula Tamu undangan dari perwakilan Basarnas DIY, BPBD Bantul, PMI Kabupaten Bantul,  FPRB Kabupaten Bantul, Forkompimcam Dlingo, Mitra Tagana Kabupaten Bantul yakni Perwakilan Pengurus KSB se Kabupaten Bantul, Perwakilan Tenaga Pelopor Perdamaian, Difagana dan perwakilan Forum Relawan yang sering bekerjasama dengan Tagana.

Acara diisi dengan Pengukuhan FK Tagana 2024 – 2027 oleh Wakil Bupati Bantul dilanjutkan Pemotongan Tumpeng oleh Ibu Kepala Dinas Sosial DIY dan diserahkan kepada Ketua FK Tagana Bantul. 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul menyampaikan bahwa Tagana Bantul dalam usianya sekarang telah banyak berkiprah untuk peningkatan kesejahteraan warga terutama yang berkaitan dengan penanganan korban bencana. Tagana selalu terdepan dalam setiap kejadian bencana. Pemerintah Kabupaten Bantul diharapkan akan lebih memperhatikan keberadaan Tagana kedepannya. 

Acara ditutup dengan doa bersama dipimpin oleh Kepala KUA Kapanewon Dlingo.