Layanan Jaminan Kesehatan Khusus (JAMKESUS) Untuk Penyandang Disabilitaas Fisik

Selasa, tanggal 25 Mei 2022 Badan Penyelenggara Jaminan Kesejahteraan Sosial (BAPEL JAMKESOS) Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bantul memberikan layanan khusus berupa pemberian alat bantu untuk penyandang disabilitas fisik. Alat bantu yang diberikan diantaranya kursi roda adaptif, tangan palsu dan kaki palsu. Acara penyerahan JAMKESUS dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB di Aula Pemda II Kabupaten Bantul, dimana acara tersebut turut dihadiri oleh Puspa Bali. JAMKESUS bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas fisik untuk mengakses alat bantu, mengingat harga alat bantu sangat mahal sehingga sulit dijangkau oleh sebagian besar penyandang disabilitas.

Selain Bapel Jamkesos DIY dan Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Puspa Bali juga ikut andil dalam melakukan pemeriksaan kesehatan dan kedisabilitasan serta melakukan vaksinasi untuk peserta JAMKESUS yang belum memperoleh vaksin. Hasil pemeriksaan kedisabilitasan dilakukan untuk menentukan jenis alat bantu yang akan diberikan agar sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas.

Pelaksanaan JAMKESUS direspon baik oleh Puspa Bali. Di sela penyerahan alat bantu diadakan sesi diskusi antara Dinas Sosial Bantul, BAPEL JAMKESOS DIY, dan Puspa Bali. Setelah melihat langsung pelaksanaan layanan JAMKESUS untuk penyandang disabilitas fisik, Puspa Bali merespon baik pelaksanaan acara tersebut dan menyatakan ketertarikan untuk melaksanakan program yang sama.

Adanya JAMKESUS tentu memberikan banyak manfaat bagi penyandang disabilitas. Meskipun sampai saat ini belum semua ragam disabilitas dapat merasakan manfaatnya. Dan harapan ke depan semoga BAPEL JAMKESOS DIY dapat memberikan ruang akses alat bantu untuk semua ragam disabilitas sesuai kebutuhan dan jenis disabilitasnya. Puspa Bali hadir dalam acara JAMKESUS dalam rangka study banding.