Capacity Building SDM PKH Kabupaten Bantul

Dalam Rangka peningkatan Kapasitas SDM PKH Kabupaten Bantul Dinas Sosial Kabupaten Bantul mengadakan kegiatan Capacity Building untuk seluruh SDM PKH Kabupaten Bantul, kegiatan ini dilaksanakan pada, Tanggal 19 Oktober 2023, bertempat di Panggung Sekolah Hutan Pinus Mangunan, lokasi outdor ini dipilih agar peserta bisa lebih fresh dalam mengikuti kegiatan serta keluar dari rutinitas harian yang berhadapan dengan KPM dan layar monitor.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Perlinjamsos dan PFM, Ibu Lestari Hardyaningsih, M.M, Kepala Seksi Perlinjamsos Bapak Jazim Ahmadi, S.Sos., M.H, dan Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Bapak Tri Galih Prasetya, S.Kep.Ns., M.PA. Hadir pula pada kegiatan tersebut Koordinator Regional Wilayah Jawa yaitu Bapak Anang Mega Cahyo sebagai narasumber utama.

 

Dalam kesempatan tersebut Koordinator Regional Jawa yaitu Bapak Anang Mega Cahyo menegaskan bahwa P2K2 merupakan kewajiban pendamping PKH untuk merubah perilaku Penerima Manfaat. Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan peserta PKH dalam berbagai aspek kehidupan, seperti manajemen keuangan, pengembangan usaha kecil, pertanian, sanitasi, atau keterampilan lainnya. Fokus utamanya adalah memberikan keterampilan praktis yang dapat membantu keluarga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka.

 

Pendamping PKH berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran data supaya data KPM atau penerima manfaat terupdate sesuai data di lapangan. Data yang dimasukkan oleh KPM akan diterima dan diverifikasi oleh petugas penyelenggara PKH. Jika data yang dimasukkan oleh KPM dinyatakan valid, maka data KPM akan diperbarui pada sistem basis data PKH. Aplikasi pemutakhiran data PKH bekerja dengan mengintegrasikan sistem basis data PKH dengan aplikasi SIKS-NG. Setelah membahas mengenai aplikasi pemutakhiran data PKH, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Namun, penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pemutakhiran data KPM serta mengoptimalkan penggunaan dana bantuan sosial. Oleh karena itu, diharapkan adanya dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh KPM program PKH untuk mengimplementasikan penggunaan aplikasi pemutakhiran data PKH secara optimal.

 

Selain kegiatan pemberian motivasi serta informasi terkini terkait dengan bisnis proses PKH, dalam kegiatan tersebut juga diadakan pembagian doorprise bagi peserta, pembagian hadiah untuk event yang dilaksanakan sebelumnya yaitu ”Tournament Badminton PKH” dengan berbagai kriteria kejuaaraan, pembagian hadiah “The Best Supporter”, pembagian hadiah kejuaraan, dan terakhir kegiatan ditutup dengan berfoto bersama.