Bimbingan Teknis bagi Calon Penerima Bantuan Sosial Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE)

Bahwa dalam rangka peningkatan taraf hidup dan peranan sosial Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) dalam masyarakat, perlu dialokasikan anggaran untuk belanja bantuan sosial dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bantul.

Adapun sasaran progam kegiatan ini adalah Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) dari peserta PKH, dengan status janda baik karena cerai hidup ataupun karena cerai mati serta kepada ibu yang menjadi tulang punggung keluarga karena suami sakit atau tidak dinafkahi.  Bentuk bantuan yang diberikan adalah uang sebesar Rp 3.000.000,- dengan ketentuan penggunaan sesuai dengan proposal yang disetujui dan dalam bentuk kegiatan yang diikuti.

Jumlah penerima Bantuan Keuangan Khusus tahun 2022 di Kabupaten Bantul adalah  sebanyak 59 penerima.  Dalam kegiatan ini akan ada tenaga pendamping dari masing-masing kapanewon yang ada. 

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah;

  1. Laporan penyelenggara kegitan yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Jazim Ahmadi, S.Sos., M.H. Selaku Kasie Linjamsos Dinas Sosial Kabupaten Bantul.
  2. Sambutan sekaligus pengarahan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Bapak Gunawan Budi Santoso, S.Sos., M.H. Bahwasannya Ibu-Ibu yang mendapatkan bantuan adalah wanita-wanita terpilih dimana mereka mampu menafkahi anak-anaknya tanpa kehadiran sosok seorang suami. Harapannya bantuan ini dapat digunakan sebagaimana peruntukannya serta dapat membantu ekonomi keluarga. Pendamping akan melakukan monitoring terhadap penggunaan bantuan WRSE. Tetap semangat dalam menjalankan peran sebagai seorang Ibu sekaligus Ayah untuk anak-anaknya.
  3. Motivasi Usaha yang disampaikan oleh Ibu Rini Natalina, S.P. selaku Korkab PKH.
  4. Pembukaan rekening Kolektif Bank BPD DIY sekaligus penyerahan buku tabungan untuk penyaluran Bantuan WRSE.
  5. Mekanisme penyusunan Laporan Pertanggungjawaban.