Kegiatan Penyuluhan, Pelatihan, Gladisimulasi dan Pengukuhan Kampung Siaga Bencana (KSB) "Nyawiji Mulyo" Kalurahan Srimartani Kapanewon Piyungan

Dinas Sosial Kabupaten Bantul bekerjasama dengan TAGANA Kabupaten Bantul mengadakan kegiatan untuk pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang diselenggarakan di Kalurahan Srimartani Kapanewon Piyungan. KSB tersebut nantinya akan mensupport kegiatan kebencanaan baik dari pra bencana maupun pasca bencana selama 3 hari, dari tanggal 25-27 Maret 2022.

 

Hari ke 1, Jum'at 25 Maret 2022 - Acara pembukaan.
Dalam hal ini Kepala Dinas Sosial Kab. Bantul, Gunawan Budi Santoso, S.Sos, MH memberikan sambutan dan laporan penyelenggaraan perihal Penyuluhan, Pelatihan, Gladi Simulasi dan Pengukuhan KSB Nyawiji Mulyo.
Kemudian dilanjut pembukaan dan simbolis penyerahan dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo. Dalam pidatonya, Bapak Wakil Bupati Bantul mengharapkan bahwa KSB Nyawiji Mulyo dapat dan mampu untuk mengelola dan membesarkan nama KSB.
Setelah acara pembukaan dan simbolis, dilanjutkan dengan pemateri dari FK KSB DIY.

 

Hari ke 2, Sabtu 26 Maret 2022
Seluruh materi yang disampaikan diisi oleh TAGANA Kabupaten Bantul. Materi 1 diisi dengan penyuluhan potensi relawan dan peta rawan bencana. Materi ke 2 diisi dengan pembagian divisi, yaitu sebanyak 6 divisi kemudian dilanjutkan pelatihan dengan pembagian perdivisi yang nantinya diharapkan tiap2 divisi mampu untuk menjalankan amanah. Kemudian untuk materi yang terakhir yaitu gladi persiapan pengukuhan.

 

Hari ke 3, Minggu 27 Maret 2022
Pemantapan gladi simulasi dan pengukuhan, pengukuhan dilaksanakan oleh Bapak Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Gunawan Budi Santoso. S.Sos, MH. Dan dihadiri oleh beberapa instansi baik dari Kabupaten Bantul maupun DIY, perwakilan KSB yang ada di Kab. bantul sebanyak 6 KSB yang sudah terlebih dahulu berdiri, TAGANA Kabupaten Bantul dan dari relawan-relawan atau sahabat TAGANA.
Gladi simulasi diikuti oleh anggata KSB Nyawiji Mulyo beserta warga masyarakat sekitar.
Setelah pengukuhan selesai dilanjut dengan simbolis penyerahan papan nama Lumbung Sosial, Gardu Sosial dan logistik untuk stok awal di Lumbung Sosial KSB tersebut.

 

Bidang Linjamsos dan PFM
Dinas Sosial Kabupaten Bantul
Tagana Kabupaten Bantul

#Linjamsos #TAGANA #Bencana #KampungSiagaBencana #KSB #Dinsos #DinasSosial #DinsosBantul #Bantul