Sosialisasi Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan, Kejuangan, Keperintisan, Kepeloporan, dan Kebangsaan (PNK5)

Kamis, tanggal 7 Juli 2022, Dinas Sosial Kabupaten Bantul mengadakan acara Sosialisasi Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan, Kejuangan, Keperintisan, Kepeloporan, dan Kebangsaan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kabupaten Bantul. Sosialisasi tersebut memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu menanamkan sikap kepahlawanan serta memupuk rasa cinta tanah air dan Bangsa kepada para generasi muda.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Kasi Kepahlawanan dan Restorasi Sosial, Bapak Deddy Ahmad Jabir, M.PA. Kegiatan ini diagendakan lima kali dalam satu tahun, sedangkan sosialisasi yang dilaksanakan pada bulan Juli ini merupakan sosialisasi ketiga di tahun 2022.

Bapak Kapten Purnawirawan Muraji dari Legiun Veteran Republik Indonesia cabang Bantul hadir sebagai narasumber. Ada pun yang menjadi peserta sosialisasi adalah siswa-siswi terpilih dari SMP Negeri I Sewon dan SMP Negeri II Sewon sejumlah 20 anak. Pemaparan materi disampaikan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Ada pun inti materi yang disampaikan adalah napak tilas sejarah kepahlawanan di Indonesia yang menitikberatkan pada semangat juang para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi menyelamatkan Indonesia dari serangan musuh. Setelah selesai pemaparan materi dan tanya jawab, acara ditutup dengan berdoa bersama untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Agenda berikutnya adalah sesi foto bersama kemudian dilanjutkan ziarah ke Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kabupaten Bantul sebagai agenda terakhir sebelum peserta kembali ke sekolah masing-masing.

 

 

Peserta sangat antusis dalam mengikuti acara dari awal hingga akhir. Dengan terselenggaranya Sosialisasi Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan, Kejuangan, Keperintisan, Kepeloporan dan Kebangsaan, diharapkan mampu melahirkan generasi yang memiliki komitmen dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pantang menyerah  dalam memperjuangkan kemajuan bangsa.