Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2023

Dalam rangka Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional pada tahun 2023 dengan mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”, Kabupaten Bantul mengadakan kegiatan Pengukuhan Komisi Daerah (KOMDA) Lanjut Usia yang sudah terbentuk dalam surat Keputusan Bupati Nomor 322 Tahun 2023 tentang Pembentukan Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Bantul Periode 2023-2027.

Acara dipandu oleh MC dari Subbag Humas dan Protokol Kabupaten Bantul dan diawali dengan pembukaan dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan laporan Penyelenggara oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Bapak Gunawan Budi Santoso S.Sos., M.H. Acara dilanjutkan Pembacaan Surat Keputusan dan Pengukuhan serta Ucapan Selamat dari Bupati Bantul. 

Sambutan oleh Bupati Bantul, Bapak H. Abdul Halim Muslih yang mengemukakan bahwa sudah ada UU yang menjelaskan terkait dengan urgensi lansia yaitu UU No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Dengan adanya peraturan UU tersebut dan saat ini sudah dikukuhkan terkait KOMDA Lansia diharapkan dapat terus berkontribusi di masyarakat untuk dapat membantu lansia yang lain dapat sejahtera. Saat ini ide dan gagasan dari senior di Komda Lansia ini dapat menjadi pedoman generasi muda agar dapat lebih bisa melakukan kegiatan yang bisa mensejahterakan lansia, tentu saja dengan dukungan dari semua pihak. Pada hakikatnya, kita semua nantinya juga akan menua, namun tetap harus merawat jiwa dan raga untuk senantiasa sehat dan dapat berkontribusi untuk negara.

Sebagai bentuk rasa syukur dan bangga terhadap NKRI dilanjutkan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Acara ditutup dengan Pengarahan dari Wakil Bupati Bantul, Bapak Joko B Purnomo yang menyampaikan bahwa Komda lansia sudah terbentuk dan disahkan resmi oleh Bupati Bantul. maka akan membuat langkah-langkah dan konsep-konsep untuk bisa dilakukan rapat koordinasi atau rapat kerja. Membuat program kerja untuk Lansia dengan tema lansia yang sehat, mandiri dan kreatif dan untuk lansia yang belum sejahtera untuk dapat diperhatikan dan didukung untuk menjadi lansia mandiri dan kreatif.