Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Bantuan Sosial Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU)

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bersama Kepala Bank BPD DIY Cabang Bantul melakukan monitoring penyaluran bantuan sosial Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU) pada hari Jum’at (01/03). Monitoring dilaksanakan di Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, tepatnya pada Warung MK yang beralamat di Jalan Imogiri Timur KM 8,5 Galagah Kidul, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Monitoring dihadiri oleh penanggung jawab bantuan sosial JSLU dari Bank BPD DIY, koordinator JSLU Kabupaten Bantul, Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Banguntapan, serta pendamping bantuan sosial JSLU Kapanewon Banguntapan. 

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Bapak Gunawan Budi Santoso, S.Sos., M.H beserta Kepala Bank BPD DIY Cabang Bantul, Bapak Fendi Muryawan, dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolik bantuan sosial JSLU. Tujuan dari monitoring bantuan sosial adalah agar penyaluran dapat berjalan lancar dan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknisnya. Harapannya, bantuan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan para lanjut usia.

Penerima manfaat dari Kalurahan Tamanan pada kegiatan penyaluran tersebut sebanyak 27 lanjut usia, yang akan menerima paket kebutuhan pokok sembako senilai Rp 300.000,- setiap bulannya.

Perlu diketahui, bahwa JSLU merupakan program yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi DIY dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lanjut usia miskin di Provinsi DIY. Pada Tahun 2024 ini akan ada 7.505 lansia sebagai penerima bantuan program pengentasan kemiskinan esktrem.