Berita

PERAN AKTIF MASYARAKAT BERSAMA DINAS SOSIAL PPPA KABUPATEN BANTUL DALAM PENUMBUHAN WKSBM DI PADUKUHAN MALANGAN, KAPANEWON SANDEN, KABUPATEN BANTUL

Selasa Pahing, 11 Mei 2021 09:12 WIB 66

foto
PSKS, Penumbuhan WKSBM

(BANTUL 5/5/2021) - Permasalahan kesejahteraan merupakan masalah yang harus ditangani bersama dalam kehidupan bermasyarakat. Peran masyarakat sendiri sangat penting untuk turut serta berkontribusi dalam menangani masalah – masalah sosial dalam lingkungan sekitarnya. Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) hadir menjadi salah satu solusi dalam menciptakan kesejahteraan sosial masyarakat dengan dukungan dan partisipasi dari pemerintah. Peran masyarakat adalah sangat penting karena roh dari WKSBM adalah sebuah kegiatan kelembagaan masyarakat yang berprinsip dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Oleh karena itu, peran masyarakat menjadi kunci keberlangsungan kegiatan WKSBM.

            Berdasarkan Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 42/HUK/2004 tentang pedoman pelaksanaan WKSBM dan Peraturan Bupati Bantul Nomor 16 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Bupati Bantul Nomor 94 tahun 2019 tentang WKSBM menjadi dasar perlu adanya penumbuhan WKSBM dilingkup wilayah terkecil. Mengacu pada peraturan tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul sangat mendukung adanya kegiatan penumbuhan WKSBM di setiap Kalurahan dan Padukuhan yang ada di Kabupaten Bantul. Kegiatan penumbuhan WKSBM di Kabupaten Bantul diselenggarakan oleh Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul. Sementara ini,  data penumbuhan WKSBM di Kabupaten Bantul berjumlah 49 WKSBM yang tersebar di kalurahan – kalurahan di Kabupaten Bantul.

            Pada hari Minggu tanggal 5 Mei tahun 2021 masyarakat Padukuhan Malangan, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden menyelenggarakan kegiatan penumbuhan WKSBM dengan difasilitasi dukungan dari Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul. Kegiatan penumbuhan WKSBM dihadiri dan didukung oleh Kepala Seksi Organisasi Sosial dan Partisipasi Masyarakat Bidang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul, Kamituwo Kalurahan Srigading, Ketua FK WKSBM Kabupaten Bantul, Bangmuskal Kalurahan Srigading, Dukuh Padukuhan Malangan, TKSK Sanden, Pensosmas Kalurahan Srigading, Pensosmas Kalurahan Wukirsari, Pensosmas Kalurahan Wijirejo, tokoh masyarakat Padukuhan Malangan dan masyarakat Padukuhan Malangan. Hasil dari kegiatan tersebut tumbuh WKSBM baru yang menjadi WKSBM ke-50 yang berdiri di Kabupaten Bantul. WKSBM tersebut bernama WKSBM Panggugah Roso yang berasal dari masyarakat Padukuhan Malangan, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden. Harapan kedepannya WKSBM Panggugah Roso dapat berkontribusi dalam kegiatan sosial untuk turut serta menciptakan kesejahteraan sosial di Kabupaten Bantul.