Berita

BAKTI SOSIAL PEDULI COVID 19 WKSBM AMANAH PADUKUHAN BALONG KIDUL, KALURAHAN POTORONO, KAPANEWON BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL

Selasa Kliwon, 4 Mei 2021 10:17 WIB 25

foto
PSKS, Bakti Sosial WKSBM Amanah di Padukuhan Balong Kidul

(BANTUL 30/4/2021) - Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) merupakan sistem kerjasama antar keperangkatan pelayanan sosial yang terdiri atas usaha kelompok, lembaga maupun jaringan pendukungnya sehingga dapat menumbuhkan sinergi lokal dalam pelaksanaan tugas di bidang usaha kesejahteraan sosial. WKSBM bertujuan untuk menguatkan jejaring kerjasama antar kelompok lokal dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara berkelanjutan, menumbuhkan peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan masyarakat dan tertanganinya masalah – masalah sosial serta terdayagunakannya potensi dan sumber setempat secara berkelanjutan.

Berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bantul Nomor 94 Tahun 2019 tentang Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bantul mencanangkan terus diadakannya penumbuhan WKSBM pada setiap Kalurahan di Kabupaten Bantul untuk menciptakan kesejahteraan sosial dalam wilayahnya. Pada tahun 2021 ini, penumbuhan WKSBM di Kabupaten Bantul berjumlah 49 WKSBM dan harapan kedepannya akan terus bertambah lagi.

Pada bulan Ramadhan ini, mayoritas kegiatan WKSBM berfokus pada bakti sosial kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu. Salah satu WKSBM di Kalurahan Potorono yaitu WKSBM Amanah Padukuhan Balong Kidul melaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu dengan kriteria penerima manfaat adalah masyarkat kurang mampu yang masuk pada data DTKS dan belum menerima bantuan. Kegiatan bakti sosial dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 30 April tahun 2021 di Gedung Serbaguna Bhakti Manunggal Balong Kidul.

Acara bakti sosial yang diselenggarakan oleh WKSBM Amanah Balong Kidul ini dihadiri oleh beberapa pihak antara lain Dinas Sosial DIY, Dinas Sosial dan PPPA Kabupaten Bantul, Kapanewon Banguntapan, Kalurahan Potorono, Forum Koordinasi WKSBM Kabupaten Bantul, Donatur penyandang dana, serta massyarakat penerima manfaat. Segenap elemen masyarakat memberikan dukungan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus WKSBM atas  kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh WKSBM Amanah Balong Kidul. Bantuan berupa 75 paket sembako dan diberikan kepada 75 kepala keluarga dengan kisaran anggaran perpaket Rp. 250.000,-. Bantuan didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu di Padukuhan Banjardadap dan Padukuhan Balong Kidul.