Berita

PENTINGNYA PENGETAHUAN TENTANG BENCANA SEJAK DINI, SDN 3 BANTUL DATANGKAN TAGANA

Kamis Pahing, 6 Februari 2020 09:06 WIB 328

foto
Materi Kelas tentang PRB oleh Ketua FK Tagana Bantul pada TMS di SD Bantul 3

sosial.bantulkab.go.id, Selasa 28 Januari 2020 - Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) Kabupaten Bantul mengadakan kegiatan TMS ( Tagana Masuk Sekolah) di SD N 3 Bantul.  Kegiatan TMS ini bertujuan untuk menyiapkan generasi yang sadar dan siap siaga terhadap bencana sejak dini. hal yang ditanamkan sejak dini adalah kesiapsiagan menghadapi bencana, kemampuan untuk penyelamatan diri bila terjadi bencana mengingat wilayah Kabupaten Bantul yang rawan terhadap terjadinya bencana dari berbagai sektor. Peserta dalam kegiatan Tagana Masuk Sekolah di SD N 3 Bantul ini sebanyak 370 siswa dan 37 guru . 

Dalam kegiatan ini Dinas Sosial P3A kabupaten Bantul mengerahkan 20 personil tagana sebagai pemateri dan pendamping. Tagana (Taruna Siaga Bencana) adalah salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial ( PSKS ) sebagai ujung tombak penanganan PMKS khususnya korban bencana dengan status sebagai relawan di Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul

Materi yang diberikan dalam kegiatan TMS ini  cukup beragam, materi dasarnya berupa upaya Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Targetnya siswa dan juga guru mengetahui tentang bencana, potensi, bencana dan upaya pengurangan resiko bencana pada tingkat yang paling sederhana sehingga mereka mampu menyelamatkan diri saat terjadi bencana. melalui TMS ini diharapkan guru dan tenaga kependidikan di sekolah dapat memetakan potensi ancaman bencana disekitar sekolah dan rencana pengurangan resikonya.

TMS diadakan bekerjasama dengan Dinas Dikpora Kabupaten Bantul dan Sekolah – sekolah Negeri maupun Swasta di Kabupaten Bantul.

 

 

banjamsos#dinsosp3a