Berita

SOSIALISASI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL / Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ)

Selasa Pahing, 31 Juli 2018 14:06 WIB 608

foto

 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial atau PMKS adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, yang  karenanya tidak dapat menjalin hubungan yang serasi dan kreatif dengan lingkungannya, melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani, rohani, maupun sosial secara memadai dan wajar.

Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Sosialisasi PMKS. Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dilakukan di 4 (empat) kelurahan yang berbeda, yaitu; Kelurahan Tamanan Banguntapan, Kelurahan  Trimurti Srandakan, Kelurahan Tirtonirmolo Kasihan dan Kelurahan Triharjo Pandak.

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul memilih keempat kelurahan untuk melaksanakan Sosialisasi PMKS dengan tema Penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa  berdasarkan tingginya tingkat data Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah tersebut.

Pelaksanaan  kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama empat hari, yaitu;

  • Selasa, 24 Juli 2018 di Kelurahan Tamanan Banguntapan
  • Rabu, 25 Juli 2018 di Kelurahan Trimurti Srandakan
  • Senin, 30 Juli 2018 di Kelurahan Tirtonirmolo Kasihan
  • Selasa, 31 Juli 2018 di Kelurahan Triharjo Pandak

Sasaran dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi ini adalah para perangklat desa, baik Kepala Dusun, Kader PKK atau tokoh tokoh penting di lingkungan masyarakat.

Manfaat diadakannya kegiatan sosialisasi PMKS ( Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) adalah untuk memberikan pengetahuan serta pemberian wawasan kepada tokoh-tokoh masyarakat dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, khususnya dalam penanganan Orang dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).