Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 75730
  • Online: 2
  • Hari ini: 70

Bantul raih peringkat I seleksi KUBE dan Pendamping KUBE Prestasi Tingkat Prop. DIY. Tahun 2010

BERITA – Kamis, 26 Agt 2010 08:55 WIB

KUBE Lembu Santoso dari Wonorejo II Gadingsari Sanden Bantul meraih juara peringkat I Tingkat Propinsi DIY dalam seleksi KUBE dan Pendamping KUBE Prestasi Tingkat Propinsi. Sedangkan Pendamping KUBE Prestasi juga diraih warga Kabupaten Bantul atas nama Sukijan, Nanggulan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Untuk KUBE Prestasi peringkat I diberikan penghargaan berupa Piagam dan Bantuan Modal Usaha sebanyak Rp. 5.000.000,- serta Pendamping KUBE Peringkat I juga diberikan Piagam Penghargaan dan Bantuan Uang Operasional sebanyak Rp. 3.000.000,-.
Kube Lembu Santosa   dibentuk oleh Dinas Sosial Propinsi DIY pada Tahun Anggaran 2004 melalui Program Penumbuhan Kube Fakir Miskin. Kube ini beranggotakan 10 orang yang masuk dalam data gakin hasil pendataan BPS, dengan susunan pengurus, Ketua Nuryanto, Sekretaris Eko Nurwahyudi, Bendahara Dwi Apandi. Dengan bermodalkan bantuan 4 ekor sapi jantan bantuan sosial untuk usaha bersama program pemberdayaan fakir miskin dari Propinsi DIY, Kube Lembu Santosa berkembang dan rutin mengadakan pertemuan serta selalu menjunjung tinggi kesepakatan yang telah tertuang dalam AD/ART. Karena dinilai baik dan dapat berkembang maka pada tahun 2007 Kube Lembu Santosa mendapat bantuan BLPS dari Departemen Sosial RI sebesar Rp. 60.000.000,- ( Enam Puluh Juta Rupiah ). Dengan bantuan tersebut kelompok bisa mengembangkan berbagai jenis usaha diantaranya ternak kambing,  penggergajian kayu dan meubel disamping menambah jumlah sapi yang ada di kandang kelompok. Saat ini juga diprogramkan peternakan ayam buras sistem dikandangkan untuk mendukung antisipasi penyakit flu burung.
Pengembangan sampingan yang lain adalah pengolahan kompos setiap 15 hari sekali, yang salah satunya digunakan untuk pupuk di lahan pasir yang dimanfaatkan untuk penanaman HMT, sayur – sayuran dan buah.