Berita

PELAYANAN JAMKESUS TERPADU BAGI PENYANDANG DISABILITAS TAHUN 2018

Kamis Pon, 16 Agustus 2018 09:15 WIB 140

foto

Guna meningkatkan kemudahan akses layanan terhadap penyandang disabilitas, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Bapel Jamkesos melaksanakan kegiatan Pelayanan Jamkesus Terpadu pada hari selasa 14 Agustus 2018 di  Aula Balai Rehabilitasi Disabilitas BRTPD Kecamatan Pundong.

 

Disabilitas merupakan hambatan fungsi yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi yang menyebabkan penyandangnya tidak dapat bersosialisasi dengan baik.

 

Dalam pelayanan ini, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul  menyasar kepada Penyandang Disabilitas yang memiliki status ekonomi rendah.

Kegiatan Pelayanan Jamkesus Terpadu bagi Penyandang Disabilitas ini mendapat  tanggapan antusiasme luar biasa dari masyarakat. Jumlah peserta yang hadir dalam pelayanan Jamkesus Terpadu mencapai 146 orang hanya dalam satu hari pelayanan.

 

Pada tahun 2018, pelaksanaan pelayanan jamkesus terpadu yang terlaksana di Aula Balai Rehabilitasi Disabilitas BRTPD Pundong ini sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Bantul. Sebelumnya pelaksanaan Jamkesus Terpadu sudah dilaksanakan di  Aula Pemda II Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul pada tanggal 14 Mei 2018.

 

Dalam pelayanan Jamkesus Terpadu bagi penyandang disabilitas, peserta diberikan fasilitas antar jemput yang setelahnya sudah didata oleh TKSK tiap kecamatan.

 

Kepala Seksi Penyandang Disabilitas dan Lansia Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul  Iryanta BA menjelaskan, bahwa ; “Pelayanan Jamkesus Terpadu ini memang kami tujukan kepada masyarakat yang memiliki perekonomian rendah, karena nantinya jika memang pasien tersebut membutuhkan bantuan alat bantu, maka akan kami rekomendasikan”

 

Peserta yang sudah melakukan pendaftaran kemudian menunggu untuk mendapat penanganan serta pengecekan dari dokter dan spesialis untuk mendiagnosis penyakit. Dalam pelayanan jamkesus terpadu, bagi peserta/pasien yang sekiranya perlu dirujuk ke Rumah Sakit kemudian dirujuk untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.