Berita

PELATIHAN KETERAMPILAN BAGI LANJUT USIA POTENSIAL

Jumat Pahing, 10 Agustus 2018 11:19 WIB 124

foto

Sebagai langkah antisipasi serta meminimalisir permasalahan sosial di Kecamatan Pundong, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Pelatihan Keterampilan kepada Lanjut Usia Potensial.

 

Pada kesempatan kali ini, Kecamatan Pundong menjadi salah satu sasaran pelaksanaan kegiatan pelatihan ketrampilan yang dipusatkan di Balai Desa Panjangrejo, Pundong, Bantul.  Pelaksanaan kegiatan pelatihan keterampilan ini berlangsung selama dua hari, Selasa 7 Agustus 2018 s/d Rabu 8 Agustus 2018.

 

Lanjut usia merupakan penduduk yang berumur 60 tahun atau lebih. Menurut data sensus penduduk, Indonesia memasuki lima besar jumlah lansia terbesar di dunia, oleh karena itu, semakin banyaknya lansia dapat juga berdampak dengan munculnya masalah-masalah kesejahteraan sosial bagi lansia itu sendiri.

 

Pelaksanaan kegiatan pelatihan ketrampilan ini menyasar kepada lansia-lansia yang potensial. Di sisi lain, yang dimaksud dengan potensial ini adalah lansia yang benar benar bisa mengaplikasikan hasil dari pembelajaran dan pelatihan ini di lingkungan masyarakat.

 

Kegiatan pelatihan keterampilan ini diisi dengan berbagai macam pelatihan, yang diantaranmya yaitu: pelatihan pembuatann donat kentang, pelatihan pembuatan kue bawang, pelatihan pembuatan kroket dan pelatihan pembuatan kue zebra.

 

Dalam pelaksanaan dan pemberian pelatihan, masyarakat (lansia) terlihat memiliki minat atau rasa ingin tahu yang tinggi, hal itu dapat dilihat dari antusias lansia dalam mengikuti berbagai macam pelatihan tersebut.

 

Kepala Seksi Penyandang Disabilitas dan Lansia Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul  Iryanta BA menyampaikan bahwa “menjadi lansia tidak harus selalu merepotklan anak dan cucu, menjadi lansia harus memiliki keterampilan, syukur-syukur bisa menghasilkan uang”

 

Selain diisi dengan berbagai macam pelatihan keterampilan, Pemerintah Kabupaten Bantul Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul memberikan bantuan berupa peralatan memasak, hal ini disesuaikan dengan materi pelatihan keterampilan memasak.

 

Dengan adanya pelaksanaan pelatihan ketrampilan ini, diharapkan masyarakat (lansia) dapat memiliki keahlian dan bisa mengembangkan hasil dari pelatihan tersebut, sehingga lansia di Kabupaten Bantul dapat produktif.