Berita

SOSIALISASI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL / Pencegahan Penyalahgunaan & Peredaran Gelap Napza

Senin Wage, 23 Juli 2018 15:49 WIB 24

foto

 

Dalam rangka memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Sosialisasi PMKS di Kantor Lurah Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon.

 

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi PMKS ini dilaksanakan hari Senin tanggal 23 Juli 2018. 

 

 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial atau PMKS adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, yang  karenanya tidak dapat menjalin hubungan yang serasi dan kreatif dengan lingkungannya, melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani, rohani, maupun sosial secara memadai dan wajar.

 

Sasaran dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi ini adalah para perangklat desa, baik Kepala Dusun, Kader PKK atau tokoh tokoh penting di lingkungan masyarakat.

 

Manfaat diadakannya kegiatan sosialisasi PMKS ( Penyandang Masalah Kesejahteraan Sopsial) adalah untuk memberikan pengetahuan serta pemberian wawasan kepada tokoh-tokoh masyarakat dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.

 

Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi PMKS difokuskan pada masalah sosial Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan Narkotika. Kecamatan Sewon merupakan kawasan yang rawan serta rentan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika karena terdapat tepat di jalur utama provinsi dan banyaknya pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia.

 

Narasumber pada kegiatan sosialisasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ini adalah; Kepala Bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Kepala BNN Kabupaten Bantul.

 

Kepala Bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menjelaskan bahwa terdapat 27 permasalahan yang dialami.

 

Berbagai macam permasalahan sosial ini diantaranya adalah; Anak Balita Terlantar, Anak Terlantar, Anak yang Menjadi Korban Tindak Kekerasan atau Diperlakukan Salah, Anak Nakal, Anak Jalanan, Anak Cacat, Wanita Rawan Sosial Ekonomi, Wanita yang Menjadi Korban Tindak Kekerasan atau Diperlakukan Salah, Lanjut Usia Terlantar, Lanjut Usia yang Menjadi Korban Tindak Kekerasan atau Diperlakukan Salah, Penyandang Cacat, Penyandang Cacat Bekas Penderita Penyakit Kronis, Tuna Susila,  Pengemis, Gelandangan, Bekas Narapidana, Korban Penyalahgunaan NAPZA, Keluarga Fakir Miskin, Keluarga Berumah Tak Layak Huni, Keluarga Bermasalah Sosial Psikologis, Komunitas Adat Terpencil, Masyarakat yang Tinggal di Daerah Rawan Bencana, Korban Bencana Alam, Korban Bencana Sosial, Pekerja Migran Terlantar, Penyandang HIV / AIDS,  Keluarga Rentan.

 

Dengan adanya kegiatan Sosialisasi terkait dengan PMKS, diharapkan masyarakat dapat menyikapi dengan bijak orang dalam masalah kesejahteraan sosial, serta disamping itu diharapkan masdyarakat juga dapat memanfaatkan potensi-potensi kesejahteraan sosial.