Berita

PELATIHAN KADER FORLANZA

Selasa Legi, 10 Juli 2018 08:46 WIB 119

foto

 

Forum Pelajar Anti Napza atau yang sering disingkat dengan FORLANZA, merupakan sebuah organisasi atau komunitas pelajar yang tergabung dari berbagai siswa di sekolah Kabupaten Bantul yang berpacu dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan Narkotika.

Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkotika, Dinas Sosial Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul memberikan pelatihan kepada Kader Forlanza (Forum Pelajar Anti Napza) Kabupaten Bantul.

Kegiatan Pelatihan Kader Forlanza merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk amemberikan pengetahuan lebih kepada Kader Forlanza dalam menyikapi dan mencegah peredaran narkotika.

Kegiatan pelatihan yang diberikan oleh Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul ini dilaksanakan pada tanggal 7-8 Juli 2018, di desa wisata Kembang Arum, Donokerto, Turi, Sleman. Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Bapak Iryanta, BA  Kepala Seksi Penyandang disabilitas dan lansia, yang kemudian disambung dengan pemberian Materi dari dua narasumber BNN Kabupaten      Bantul. Pada malam harinya, dilanjutkan dengan pemberian materi dari BNNP D.I. Yogyakarta.

Untuk mempererat ikatan emosional antar anggota, setelah dilaksanakannya Bimbingan Sosial dan pemberian materi dari BNNP D.I. Yogyakarta kemudian rombongan berkumpul di halaman aula pertemuan untuk melingkari api unggun.

Pada hari kedua, rombongan dari Forum Pelajar Anti Napza (Forlanza) Kabupaten Bantul dibangunkan untuk kegiatan senam dan outbond. Senam dan outbond dipimpin oleh pemandu dari Desa Wisata Kembang Arum dan Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul. Rombongan diberikan Fun Games dan berbagai kegiatan menantang, seperti berjalan di jembatan goyang, melintasi bambu yang dipasang di atas kolam dan berbagai macam kegiatan seru lainnya.Setelah outbond selesai, kemudian rombongan dipersilahkan untuk mandi dan bersih bersih badan.

Kemudian di waktu selanjutnya akan ada pemberian sambutan dan bimbingan dari Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul.  Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul Drs. Eddy Susanto menyampaikan bahwa, anak usia sekolah harus aktif dalam organisasi serta bersikeras untuk tidak bersentuhan dengan narkotika.

Setelah adanya bimbingan dari Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul, kemudian rombongan dari Forlanza diberi motivasi oleh Youth Forum Sleman untuk tetap semangat dalam memerangi bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkotika. Setelah pemberian materi selesai, kemudian rombongan dipersilahkan untuk packing dan bersiap pulang.

Dengan adanya pelatihan kader forlanza ini, diharapkan organisasi ini akan tetap eksis dan lebih memiliki pengetahuan dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika.