Berita

STUDY BANDING KOMISI D DPRD KABUPATEN KEDIRI KE DINAS SOSIAL P3A KABUPATEN BANTUL

Kamis Legi, 5 Juli 2018 13:11 WIB 114

foto

Dalam rangka Penyiapan dan Penyususnan Raperda Usul Prakasa tentang Penanggulanagan Penyakirt masyarakat, Komisi D DPRD Kabupaten Kediri  “ngangsu kaweruh” / belajar dalam peanganan dan penanggulangan Penyakit masyarakat ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul.

Komisi D DPRD Kabupaten Kediri  diterima oleh sekertaris Dinas Ir. Ag. Sumasriyana, Msi di Aula Gedung Timur Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kabupaten Bantul.

Penyakit Masyarakat yang dimaksud dalam pembahasan kunjungan ini antara lain: Minuman Keras, Penyalahgunaan Narkotika, Tindakan Kriminalitas, Gelangdangan, Pengemis, Anak Jalanan, Wanita Tuna Sosial serta Orang dalam Gangguan Jiwa.

Sekretaris Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul Ir. Ag. Sumasriyana, Msi menyampaikan bahwasanya perkembangan Pariwisata di Kabupaten Bantul memang berdampak positif dalam pendapatan daerah maupun perekonomian masyarakat, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa adanya perkembvangan pariwisata di Kabupaten Bantul juga berdampak dengan adanya pengaruh budaya luar terhadap masyarakat lokal dalam hal masalah sosial.

Disamping itu, staff Bidang Rehabilitasi dan PMKS, Indraswari menyampaikan bahwa dalam penanganan anak jalanan, gelandangan, pengemis dan orang dalam gangguan jiwa di Kabupaten Bantul ini dengan melakukan razia rutin di titik-titik tertentu. Anak jalanan, gelandangan, pengemis dan orang dalam gangguan jiwa yang terjaring razia kemudian diantar ke Camp Assesment Provinsi D.I.Yogyakarta untuk diberikan penanganan dan bimbingan sosial.

Dalam akhir kunjungan, Ketua Rombongan dari DPRD Kabupaten Kediri menyampaikan bahwa kunjungannya dengan tujuan ngangsu kaweruh ini tidak sia-sia, banyak pembelajaran yang dapat diambil dari Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul.